Awal Mula kerusakan di Bangsa arab


‘AMR BIN LUHAY AL-KHUZA’I – Pemimpin Bangsa Arab yang Merusak Masyarakatnya.
Dahulu, bangsa ‘Arab mempunyai seorang pemimpin, dia dikenal sebagai seorang yang ‘abid (ahli ibadah) di tengah-tengah kaumnya.
Pada suatu kesempatan, dia melakukan perjalanan ke negeri Syam. Disana dia mendapati masyarakat Syam melakukan peribadahan kepada patung-patung. Lalu syaithan menjadikan indah perbuatan orang-orang Syam tersebut di mata ‘Amr bin Luhay. Pulanglah ‘Amr kembali ke negerinya dengan membawa patung-patung sebagai oleh-oleh untuk masyarakatnya, lalu dengannya ‘Amr mengajak mereka untuk beribadah kepada patung-patung tersebut.
Tidak berhenti sampai disitu, syaithan membisikkan dan menuntun ‘Amr bin Luhay menemukan lokasi patung-patung orang shalih pada masa Nabi Nuh. ‘Amr menggali dan mengeluarkan patung-patung tersebut, lalu dibagi-bagikannya kepada beberapa qabilah bangsa ‘Arab.
Inilah awal mula kerusakan bangsa ‘arab, dari sinilah mereka mulai beribadah kepada patung-patung, dan inilah salah satu sebab awal mulanya masa jahiliyyah. Allahu a’lam.
(Disarikan dari kajian kitab Masail Al Jahiliyyah)
————-
*Salah satu prinsip jahiliyyah adalah; Berhujjah dengan apa-apa yang dijalani oleh Ahlul Quwwah (orang yang memiliki kekuatan; penguasa, orang kaya, dsb)
Dari kisah diatas, sebab karena yang membawa patung-patung tersebut adalah seorang pemimpin, mereka menganggap bahwa apa yang dilakukan pemimpin pasti benar.
————–
Mari kita muhasabah, adakah dalam diri kita akhlak jahiliyyah?
Menganggap kebenaran datangnya dari orang-orang yang tinggi kedudukannya di sisi manusia, tanpa harus merujuk pada hujjah/ alasan/ dalil yang syar’i?
Semoga Allah ‘Azza wa Jalla melindungi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar